Jumaat, 18 Oktober 2019

Cara Membuat Lift Barang Sederhana

Sebagian besar dari kamu pastinya sudah pernah naik lift bukan? Nah, yang kamu naiki itu merupakan salah satu dari sekian banyak jenis lift yang ada di setiap gedung bertingkat. Baik itu gedung perusahaan ataupun gedung industri/pabrik. Selain lift penumpang, pada gedung bertingkat terutama gedung industri/pabrik pasti memiliki perangkat lift barang untuk memudahkan aktivitas produksi yang lebih efisien. Pasti akan sangat repot kalau harus memindahkan barang-barang yang banyak apalagi berat dari lantai satu ke lantai di atasnya. Nah buat kamu yang ingin membuat lift barang sederhana, ini telah kami sajikan ulasan mengenai Cara Membuat Lift Barang Sederhana. Simak ulasannya berikut ini ya.

Sistem kerja lift barang atau elevator cargo sangat mirip dengan crane, hanya  saja pada lift barang dilengkapi dengan sangkar untuk tempat mengangkutnya. Sehingga akan sangat mudah digunakan untuk mengangkut barang secara vertikal.

Ilustrasi 


Kabar baik nih buat kamu yang ingin membuat lift barang sederhana, namun tentunya dengan catatan daya angkutnya tidak seperti lift barang yang sesungguhnya. Sebelum kita menuju ke Cara Membuat Lift Barang Sederhana, alangkah baiknya siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan
1. Sepotong kayu lapis yang permukaannya keras
2. Enam buah katrol yang bisa kamu buat dengan menggunakan selotif atau CD Player yang sudah tidak digunakan.
3. Sebuah kardus bekas yang kecil ataupun sedang
4. Benang
5. Enam peniti
6. Siapkan beban yang minimalis, seperti sekrup tape
7. Palu
8.Pensil/Pena.
9. Penggaris
10. Gunting

Setelah semua perlengkapan di atas sudah terpenuhi, selanjutnya lakukanlah langkah-langkah pembuatannya :

1. Buatlah sebuah kotak Lift kecil yang berukuran 6 inci dari kotak kardus bekas. Kemudian Ukurlah sepanjang lima sampai enam-inci. Lalu potong kotak menggunakan gunting.
Tape kotak untuk membuat sebuah kotak tersebut menjadi terbuka. Lakukan hal demikian dengan metode penyelarasan kotak di tepinya dan gabungkan kesemua itu dengan selotip/CD player bekas.
2. Pasang gelondongan di setiap bingkai kayu  menggunakan paku, pastikan bahwa katrol tersebut telah sesuai, sehingga setiap katrol bisa tersebar di posisi yang pas pada permukaan kayu. Jangan lupa buat jarak sekitar 4 inci di masing-masing porosnya. Kemudian, beri dua katrol tambahan untuk diletakkan pada bagian bawah kotak, dengan jaraknya masing-masing sekitar 4 inci.
3. Ikatkan seutas tali ke bagian bawah kotak lift kardus, kemudian dua benang tambahan untuk dipasang pada bagian atas kotak lift.
4. Pasang benang di bagian bawah kotak lift atas, gelondongan 4 3, 2, dan 1. Saat kamu sampai ke kumparan 2, lingkarkan benang pada katrol sebanyak dua kali dan ikat ujung benang ke benang di atas kotak.
5. Pasang benang lainnya di atas kotak lift pada katrol 5 atau 6 inci. Pastikan kembali bahwa benang telah diletakkan di atas katrol tersebut sudah terkait erat.
Kamu bisa mengujinya dengan cara menambah beban yang akan di gunakan yaitu seperti sekrup, kunci berat, ataupun berat benda lainnya.
6. Pastikan juga bahwa semua benang telah terikat dengan kencang serta semua katrol masih tetap berada di tempatnya.
7. Untuk memutar katrol kedua dengan menggunakan jari-jari tangan kamu. Jika kotak lift sudah dirancang dengan benar, maka kotak lift barang pasti bisa bergerak ke atas maupun ke bawah dengan stabil.

Mudah sekali kan, cara membuat lift barang sederhana. Dari sini kamu jadi bisa nih membuat rangkaian lift sendiri di rumah, selamat mencoba.